Pantai Glagah – Kulon Progo

ombak di Pantai Glagah

ombak di Pantai Glagah

Pantai yang indah ini bernama Pantai Glagah. Pantai Glagah memiliki dataran pantai yang sangat lapang. Dengan dataran pantainya yang lapang dan luas, akan memberikan anda banyak sekali lokasi alternatif untuk dapat melihat keindahan pemandangan pantainya.

Setiap lokasi akan memberikan nuansa yang berbeda meskipun masih terletak di dalam satu kawasan pantai. Di setiap lokasi anda akan disuguhi keindahan pantai yang luas dan tidak dihalangi oleh bebatuan karang yang besar disepanjang pantainya.

Tempat pertama sebagai lokasi yang memiliki pemandangan yang indah adalah lokasi yang nantinya akan dijadikan pelabuhan. Lokasi ini tepat di belokan pertama setelah pos retribusi dengan adanya sebuah plang bertuliskan “PP”. Di lokasi ini anda dapat melihat pertemuan aliran sungai dengan ombak lautan yang bisa anda saksikan melalui sebuah gardu pandang yang ada di sana.

Glagah 0

Dari lokasi pertama sampai sekitar beberapa ratus meter mengarah ke barat, anda akan menjumpai sebuah laguna yang memiliki aliran air yang menuju ke muara sungai. Laguna ni membelah kawasan pantai menjadi dua bagian, yaitu lokasi yang ditumbuhi berbagai tumbuhan pantai dan rerumputan serta lokasi gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan.

Jika anda berjalan terus ke arah barat, anda akan melihat beberapa wisatawan yang membaur dengan masyarakat sekitar sedang memancing ikan. Dengan daerah pantai yang relatif landai memiliki berbagai jenis ikan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, disekitar situ juga terdapat beberapa warung yang menjual beraneka macam seafood.

Selain menyuguhkan berbagai keindahan pemandangan alam, Pantai Glagah juga memiliki berbagai macam fasilitas yang mendukung. Di Pantai Glagah juga terdapat area motor cross yang lokasinya tepat di pinggiran pantai dan cukup luas, sehingga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecinta olahraga motor cross.

Selain arena untuk motor cross, jalanan beraspal yang menghubungkan Pantai Glagah dengan pantai yang lainnya cocok sekali dijadikan area bersepeda.

Pantai Glagah juga menawarkan fasilitas agrowisata pantai. Anda dapat mengunjungi perkebunan  Kusumo Wanadri untuk melihat cara budidaya berbagai macam tanaman obat  maupun budidaya buah naga.

budidaya buah naga

Di kawasan laguna, anda bisa menyewa kano, bebek dayung maupun perahu untuk melakukan perjalanan wisata menyusuri laguna.

Jika anda merasa lelah setelah berkeliling menikmati semua keindahannya, anda bisa beristirahat di gubug lesehan yang terdapat di area perkebunan Kusumo Wanadri. Selain itu, anda juga bisa mencicipi kenikmatan jus buah naga yang juga jajakan di dalam area perkebunan Kusumo Wanadri.

Harga tiket masuk ke Pantai Glagah

Anda akan dikenai tarif masuk senilai Rp 3500 per orang. Dan itu sudah termasuk satu paket dengan Pantai Congot yang ada di dekat pantai Glagah.

Cara  menuju ke Pantai Glagah.

Anda bisa melalui dua jalur alternatif untuk dapat mencapai Pantai Glagah. Jalur alternatif yang pertama melalui arah Bantul – Purworejo menuju ke Palbapang.

Sedangkan jalur alternatif ke dua,  melalui arah barat melewati jalan Yogyakarta – Wates – Purworejo, kemudian belok kiri setelah anda menjumpai plang untuk menuju ke Pantai Glagah.

Anda akan lebih mudah untuk menuju ke Pantai Glagah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jalanan yang anda lalui cukup baik dan halus sehingga anda tidak akan menemukan banyak kesulitan untuk menuju ke Pantai Glagah.

Jalan untuk menuju ke kota Purworejo juga menghubungkan Pantai Glagah dengan pantai-pantai lain yang ada di kabupaten Kulon Progo, yaitu Pantai Bugel, Pantai Congot serta Pantai Trisik

pemandangan di Pantai Congot

pemandangan di Pantai Congot

Fasilitas Penginapan

Ada banyak penginapan yang ada di sekitar Pantai Glagah, di antaranya adalah:

  • Hotel Kusuma
  • K & G Clasic
  • Losmen Glagah Primitif
  • King’s  Hotel
  • Hotel Puspita dengan harga sewa kamar Rp 45.000 untuk kelas II, dan Rp 60.000 untuk kelas II
  • Losmen Joglo Ijo.
  • Hotel Lintang Segoro. Dengan tarif Rp 30.000 sampai Rp 200.000 untuk kamar keluarga.
  • Hotel Pandansari dengan harga Rp 150.000  hingga Rp 250.000

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2014: Tujuan Pariwisata | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress