Keindahan Pemandangan DI Teluk Weda – Maluku Utara

Maluku Utara

Maluku Utara

Maluku Utara, sejak dulu sudah dikenal oleh dunia sebagai kawasan penghasil rempah-rempah. Sejarah Indonesia serta sejarah dunia tidak akan pernah lepas dari Maluku Utara.

Tempat yang dijuluki sebagai Mutiara dari timur ini menyimpan banyak sekali keindahan dan menjanjikan berbagai pengalaman yang tidak terlupakan bagi para wisatawan.

Teluk Weda yang terletak di Pulau Halmahera, Maluku Utara, memiliki pemandangan yang sangat indah sekali sehingga cocok sekali untuk menjadi tempat wisata.

Di Teluk Weda  tersimpan banyak sekali pemandangan indah yang tiada duanya dan sangat mengagumkan.

Pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah menarik. Di sini masih terdapat banyak terumbu karang dalam berbagai macam ukuran dari yang kecil hingga yang berukuran raksasa.

Di bawah lautnya yang berair jernih, terdapat banyak sekali jenis ikan yang berenang kesana kemari seperti ikan-ikan karang, ikan napoleon, kuda laut serta berbagai macam biota laut lainnya. Teluk Weda cocok  sekali untuk dijadikan tempat penyelaman karena airnya yang relatif tenang serta terumbu karang yang ada di dalam perairannya juga tidak terlalu dalam.

terumbu karang di Teluk Weda

terumbu karang di Teluk Weda

Selain untuk kegiatan menyelam, kita juga bisa melakukan kegiatan yang lain di Teluk Weda seperti berperahu mengelilingi teluk, berkeliling menggunakan kayak, maupun sekedar snorkling di wilayah pesisir pantai.

Bagi anda penggemar burung, hutan di sekitar Teluk Weda tersimpan banyak sekali burung endemik yang hidup disini.

burung bidadari

burung bidadari

Salah satu burung yang dapat ditemukan disini adalah burung bidadari yang ditemukan pada tahun 1858 oleh peneliti berkebangsaan Inggris bernama Alfred Russel Wallace. Karena kecantikannya, maka Wallace menamai burung tersebut dengan nama bird of paradise atau burung bidadari Sedangkan masyarakat sekitar Teluk Weka menyebut burung tersebut dengan nama weka-weka.

Sebagai sebuah kawasan yang masih asli, Teluk Weda sebetulnya menyimpan banyak potensi wisata alam yang cukup eksotis.

Di kabupaten Halmahera Tengah, tepatnya di desa Weda, juga terdapat gua alam Sagea, danau Lagailol serta gua Boki Moruru.

Gua Boki Moruru sendiri merupakan salah satu gua alam yang memiliki pemandangan yang eksotik yang terletak di bagian hulu sungai Sageyen. Lokasi Gua alam Boki Moruru sekitar 5 kilometer dari desa Sagea, yaitu desa terdekat dari gua Boki Moruru.

Ada dua rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk ke gua Boki Moruru, bisa lewat jalan darat maupun menyusuri sungai Sagean. kebanyakan para pengunjung lebih memilih untuk menyusuri sungai Sagean sebab memiliki suasana perjalanan yang sayik serta cukup menantang.

Gua Boki Moruru memiliki pemandangan dalam gua yang eksotis. Banyak sekali stalaktit dan stalakmit yang terdapat di bagian dalam gua yang cukup luas.

Meskipun jarang sekali ada wisatawan yang berkunjung ke gua ini, namun beberapa peneliti sempat memasuki gua ini. Para penelitit tersebut menelitit bagian dalam gua serta populasi berbagai flora dan fauna yang berada di sepanjang perjalanan menuju ke mulut gua Boki Moruru.

Halmahera sendiri sebenarnya sudah sangat terkenal sebagai lokasi penelitian berkelas internasional. Berbagai peneliti dari Amerika maupun Eropa pernah singgah ke Halmahera untuk meneliti berbagai macam jenis flora dan fauna yang terdapat di Halmahera.

  • Cara Menuju Ke Teluk Weda

halmahera

Ternate menjadi satu-satunya pintu masuk utama untuk menuju ke Weda, terlebih lagi jika anda menggunakan alat transportasi udara. Dari jakarta ke Makasar maupun ke Manado, pesawat akan mendarat di Bandara Udara Sultan Baabullah.

Setibanya anda di Ternate, anda diharuskan untuk menyeberangi laut untuk bisa menuju ke Sofifi, yaitu Ibu Kota Provinsi Maluku Utara. Dari Sofifi, anda akan melanjutkan perjalanan lagi untuk menuju ke Wedamelalui jalan daratselama sekitar 3 jam perjalanan ke bagian timur Pulau Halmahera.

Jalanan beraspal yang dilakui cukup halus serta cenderung sepi. Tidak ada angkuatn umum di daerah sini. Setelah tiba di Sofifi, anda harus menyewa kendaraan carteran. Biaya sewanya tergantung dari tawar menawar antara calon penumpang dengan pengemudi.

  • Penginapan Di Teluk Weda

Di Teluk Weda, satu-satunya fasilitas yang sangat baik adalah Weda Reef & Rainforest Resort. Eco Resort ini memiliki standar internasional yang terletak d desa Sawaii Itepo, tepat di bagian ujung Teluk Weda.

filename-bungalow-dsc

Didirikan dua tahun yang lalu, Weda Resort menerapkan konsep eco resort . Bagunan yang ada di sini didesain serta dibuta sesuai dengan karakter lokal.

Bagian atap bangunan terbuat dari anyaman daun sagu, struktur bangunannya terbuat dari kayu hitam yang kuat sedangkan bagian dindingnya dikombinasikan dengan bambu.

Tidak ada fasilitas AC di dalam resort ini, namun saat siang maupun malam hari, udara di dalam bungalow tetap sejuk.

Meskipun kawasan resort belum dialiri listrik PLN, pasokan listrik di resort ini tersedia 24 jam. Sumber energi listrik dibangkitkan oleh sistem energi listrik tenaga matahari serta angin. Bila Kondisi alam tidak memungkinkan, maka listrik akan dihasilkan oleh genset.

Sebanyak enam bungalow yang luas, bersih serta nyaman, fasilitas akomodasi di Weda Resort relatif lengkap. Tidak ada televisi di setiap kamarnya, namun kamar yang ada di sini cukup bersih serta terawat.

Kamar di dalam bungalow

Kamar di dalam bungalow

Kamar mandinya dilengkapi dengan shower air panas, wastafel serta amenities berupa odol, sikat gigi, sabun serta shampoo.

Setiap bungalow dilengkapi dengan teras dan dua kuris santai. Selain itu disini juga disediakan hammock untuk tiduran santai sambil berayun-ayun. Anda dapat menikmati suasana teluk yang tenang dengan semilir angin dari teras tamu.

Untuk harga akomodasi di Weda Resort, tersedia full board senilai Rp 1,39 juta per orang per malamnya. paket ini sudah termasuk harga kamar, tiga kali makan serta snack, layanan laundry  serta dua kali menyelam.

Bagi anda yang tidak bisa menyelam atau tidak memiliki sertifikat penyelam pun masih diperbolehkan untuk menyelam dengan didampingi pemandu khusus.

Dipandu oleh dive guide yang berpengalaman, anda pun bisa menikmati keindahan gugusan karang serta biota laut endemik Teluk Weda tanpa harus menyelam terlalu dalam. Keindahan pemandangan bawah lautnya sudah bisa anda nikmati walau dari kedalam 5 hingga 10 meter saja.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2014: Tujuan Pariwisata | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress