Air Terjun Tretes – Jombang

 

air terjun tretes jombang 1

Air Terjun Tretes terletak di dusun Pengajaran, desa Galengdowo, kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Air Terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi yang terletak di Jawa Timur dan memiliki panorama yang sangat indah dengan dua aliran air terjun yang mengalir secarabersamaan ke bawah.

Air Terjun Tretes memiliki ketinggian sekitar 158 meter serta terletak pada ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut serta merupakan bagian hulu dari sungai Sumber Watu Bonakah.

Air Terjun ini terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya atau Tahura Raden Soeryo di Gunung Jurug Guah  dalam lokasi Gunung Anjasmoro yang merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan keindahan panorama alamnya.

Dilihat dari sudut geologis, kawasan ini merupakan batuan hasil gunung api kuarter tua. Dalam kawasan ini terdapat aliran sungai yang merupakan sambungan dari air terjun Tretes, sehingga kebutuhan air di kawasan ini dapat terpenuhi dengan baik. Karena terletak di kawasan Gunung Anjasmoro maka suhu udara disini dalam kisaran 24 ° C.

Dalam Kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo juga terdapat tiga air terjun lainnya yang tak kalah menarik, yaitu Air Terjun Gumandar di Pasuruan, Air terjun Puthuk Kursi di Coban Cangar dan Air terjun Kembar Watu Ondo di kabupaten Mojokerto.

  • Asal Muasal Nama Air Terjun Tretes

Konon, asal muasal nama Air Terjun Tretes ini berasal dari sebuah cerita tentang seorang pejabat perkebunan  pada tahun 1930an.  Pejabat perkebunan ini mencoba untuk membudidayakan tanaman kopi di kawasan pegunungan tersebut, sambil memanfaatkan air yang mengalir deras dari atas pegunungan itu. Namun, entah mengapa setelah ia selesai melakukan aktivitasnya yaitu bercocok tanam, pejabat perkebunan yang bernama Tekad ini di setiap sore hari sering sekali terlihat duduk-duduk di areal air yang menetes dari atas gunung.

air terjun tretes jombang 2

 

Ketika pak Tekad hendak menanam kelapa sawit, ternyata air yang sering ditungguinya itu tidak mau mengalir, bahkan sesekali airnya hanya berupa tetesan-tetesan dalam jumlah yang sedikit. Kemudian ua mencoba untuk meminta beberapa warga pribumi untuk melihat air tetesan dari atas gunung itu. Selang beberapa jam kemudian warga berbondong-bondong membuat tumpeng serta membawa sepasang kucing untuk sebuah ritual di areal air terjun tersebut.

Ritual tersebut dijalankan sembari mengawinkan sepasang kucing yang mereka bawa untuk acara persembahan meminta air dari pegunungan tersebut. Dan ternyata upacara ritual tersebut membuahkan hasil dan air yang ia harapkan akhirnya turun dari puncak gunung setetes demi setetes. Dan akhirnya semenjak itulah warga sekitar memberi nama Air Terjun Tretes

  • Cara Untuk Menuju Ke Air Terjun Tretes

dengan jarak sekitar 40 kilometer arah tenggara dari pusat kota Jombang. Untuk bisa menuju ke Kompleks Obyek Wisata Air Terjun Tretes, anda dapat melalui dua jalur perjalanan.

Jalur yang pertama melalui wilayah Kabupaten Jombang yang berupa jalan setapak yang melewati perbukitan dan sungai. Jalan ini hanya berupa jalan setapak yang sayangnya tidak dilengkapi dengan penunjuk arah apapun. Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi sekitar 5 kilometer.

Jalur yang kedua melalui wilayah Kabupaten Kediri ke kecamatan Kandangan. Setelah sampai di Pasar Kecamatan Kandangan kemudian belok ke kiri di pertigaan ke arah menuju ke Galengdewo. Kondisi jalan disini berupa jalan berbatu yang dapat dilalui dengan kendaraan roda empat seperti jeep dan mobil2 sejenisnya. Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi sekitar 1 kilometer saja.

air terjun tretes jombang 3

Bagi anda yang ingin kemari dengan menggunakan kendaraan umum anda bisa berangkat dari terminal Kepuhsari naik angkutan umum B2 maupun F menuju Gudo. Setelah sampai Gudo anda ganti kendaraan yang mengarah ke pasar Kandangan. Sayangnya angkutan umum hanya sampai di pasar Kandangan, maka anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke lokasi sejauh sekitar 1 kilometer.

  • Fasilitas Serta Akomodasi Di Air Terjun Tretes

Sayangnya, tempat wisata ini masih belum dikelola secara memadai. DIsini hanya terdapat beberapa warung kecil pada bagian ujung jalan batu yang melalui wilayah kabupaten Kediri.

Sarana pendukung yang ada disini pada umumnya masih bersifat sangat alami. Selain itu juga masih belum ada tempat parkir kendaraan sehingga anda hanya bisa menitipkan kendaraan pada warga sekitar dengan membayar beberapa rupiah sebagai ongkos jaga.

 

« (Previous Post)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2014: Tujuan Pariwisata | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress