Air Terjun Dolo Kediri

Air Terjun Dolo Kediri

Kabupaten Kediri masih kalah terkenal jika dibandingkan dengan daerah tetangga seperti Malang ataupun Batu, namun Kabupaten Kediri mempunyai potensi wisata alam yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan daerah tetangga misalnya dengan Air Terjun Dolo yang cantik.

Air terjun Dolo terletak di bagian timur dari lereng gunung Wilis (2.850 m) yang berada di ketinggian 1.800 dpl atau tepatnya ada di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri.

Jarak tempuh Air terjun Dolo dari Kota Kediri adalah 25 km ke arah barat yang bisa ditempuh selama 50 menit  atau 3,5 jam (sekitar 150 km) dari Bandara Juanda Surabaya.

Walaupun jarak perjalanan cukup jauh dan memakan waktu yang relatif lama namun selama perjalanan anda tidak akan mengalami halangan yang berarti selain akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Lokasi Air terjun Dolo juga terletak 4 Km dari Air Terjun Ironggolo yang harus melewati hutan perawan yang sangat menantang.

Air terjun Dolo termasuk tempat wisata yang jarang dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang bisa dibilang terpencil dan sangat jauh dari perkotaan.

Namun untuk saat ini pemerintah kabupaten Kediri telah membangun sarana jalan yang memadai untuk menuju lokasi air terjun, berupa jalan tembus baik dari arah Ponorogo ataupun kota Kediri.

Air terjun Dolo terbagi menjadi 3 bagian dimana bagian yang tertinggi adalah 125 meter sedangkan di bawahnya sekitar 2 hingga 5 meter.

Meskipun debit air dari air terjun Dolo tidak terlalu besar namun air terjun Dolo cukup menarik untuk dinikmati.

 

Cara menuju ke air terjun Dolo

Untuk menuju ke lokasi air terjun Dolo anda harus menuju ke pusat kota Kediri terlebih dahulu lalu ke arah barat melalui Puhsarang, Kecamatan Semen untuk menuju ke Besuki.

Tidak ada alternatif lain selain harus melewati satu-satunya akses jalan yang sangat berliku ini. Perjalanan anda akan terus berlanjut sekitar 4 km sampai di tiitik pemberhentian akhir kendaraan di area parkir.

Ambil belokan ke kiri jika anda dari arah pintu keluar Air Terjun Irenggolo yang merupakan air terjun yang menarik walau tidak memiliki debit sebesar air terjun Dolo. Pada saat tiba di pertigaan berikutnya ambil jalan yang ke arah kanan.

Ikuti jalan tersebut hingga ujung atau tidak ada jalan lagi karena ujung jalan ini adalah tempat pemberhentian akhir kendaraan  (lokasi parkir).

Kondisi jalan di tempat ini sudah mulai mulus dan cukup lebar namun pada beberapa bagian jalan masih sering terjadi longsor.

Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki  dari area parkir kendaraan menuju tempat air terjun Dolo dengan turunan atau jalan yang menurun sekitar 750 meter.

Jumlah turunan anak tangga tersebut mencapai ratusan yang harus ditempuh dari tempat parkir menuju tempat tersebut yang akan membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.

Jalan yang akan anda lewati ini nantinya terbuat dari bebatuan dengan desain yang dikombinasikan dengan lingkungan sekitar sehingga kesan alami dari tempat ini masihterjaga dengan baik terutama pada saat-saat tertentu di mana suara kicau burung selalu terdengar merdu tiada henti.

Begitu tiba di Besuki anda bisa melepas lelah sambil menikmati pemandangan Desa Jugo, Mojo yang berada di sekitar menara telepon seluler dan pemancar relay televisi. Anda bisa menemukan Air Terjun Irenggolo di tempat ini.

Setelah melalui jalan setapak sekitar 5 menit maka anda akan melihat pemandangan air terjun yang bertrap-trap alami ini yang tersembunyi di balik rimbunnya hutan pinus, suara alam yang unik dan hembusan angin pegunungan.

 

Wisata air terjun Dolo

Jika anda termasuk seseorang yang hobi mendaki gunung (Hiking) maka Gunung Besuki bisa menjadi sebuah pilihan yang sangat menarik untuk dinikmati dan ditaklukkan.

Rasa capek dan haus yang anda rasakan sepanjang perjalanan akan terobati jika anda sudah mencapai Air Terjun Dolo, karena panorama dan kesejukan alamnya sangat membuat siapapun merasa terpesona.

Selain itu lokasinya yang berada di tengah kawasan hutan gunung besuki semakin menambah sejuk dan asri kawasan ini.

Kenyamanan dan ketenangan yang disuguhkan oleh tempat ini pastinya akan memanjakan anda yang sudah terbiasa terbelenggu dalam kepenatan dan rutinitas suasana kerja serta aktivitas perkotaan yang padat.

Tempat ini cukup terjaga dari polusi dan kebisingan pusat kota. Obyek wisata ini semakin indah dan lengkap dengan adanya udara yang  sejuk dan segar khas pegunungan, ditambah dengan suasana yang tenang dan hijau alami dengan nuansa air terjunnya sendiri.

Lokasi Air Terjun Dolo bisa dilihat melalui Satelit atau Google Maps dengan koordinat 7°52’10″S 111°50’5″E yang bisa dilacak melalui GPS maupun Ponsel yang mendukung teknologi GPS.

Anda juga bisa memanaskan suasana yang cukup dingin di tempat tersebut dengan menikmati fasilitas pariwisata yang tersedia seperti hiking ataupun Jogging  Area.

Jika anda membawa serta keluarga maka anda bisa mengajak mereka ke taman bermain yang tersedia. Selain itu juga tersedia Camping Ground untuk pengunjung yang ingin tinggal dan menikmati suasana kawasan ini lebih lama.

Beberapa meter dari lokasi air terjun anda bisa menemukan kebun strawberry atau sayur di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu.

Di tempat ini anda bisa membeli strawberry dan sayuran yang masih segar bahkan anda juga bisa memetiknya sendiri secara langsung dari pohon.

 

Tips

Pada hari biasa jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini  tidak terlalu banyak. Namun pada akhir pekan ataupun hari libur (tanggal merah) biasanya jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa mencapai tiga kali lipat dari hari biasa.

Bagi pengunjung yang belum terbiasa dengan suasana dingin disarankan untuk membawa baju hangat atau mantel supaya tetap bisa menikmati perjalanan anda, karena dilokasi biasanya selalu diliputi mendung dan kabut yang tebal ditambah lagi kadar air yang cukup tinggi.

 

Tiket

Tiket masuk untuk masuk ke tempat wisata ini adalah Rp 3.000 per orang.  Sedangkan tarif parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 1.000 per kendaraan.

 

Fasilitas dan Akomodasi

Sarana transportasi, komunikasi, dan listrik telah mendukung keberadaan objek wisata ini. Demikian pula, berbagai prasarana fisik yang lain, seperti toilet, kamar mandi, tempat parkir, musholla dan kolam renang.

Bahkan di tempat ini juga tersedia area khusus untuk berkemah. Hanya saja, di kawasan objek wisata tersebut belum dibangun penginapan. Sehingga jika anda ingin bermalam maka anda harus ke kota Kediri.

« (Previous Post)


One Comment to Air Terjun Dolo Kediri

  1. nia puspita santoso says:

    bagusss :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2014: Tujuan Pariwisata | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress